10 Tips Menambah Berat Badan Secara Sehat

sepertinya “sederhana”. lebih banyak asupan kalori daripada yang biasa Anda habiskan dan Anda pasti mendapatkan berat badan yang bertambah, bukan? Namun usaha menambah berat badan tidak se-sederhana itu… Menambah berat badan dengan cara yang sehat, sedikit lebih menantang. Berikut adalah 10 untuk membantu Anda memastikan bahwa apa yang Anda lakukan adalah yang terbaik untuk Anda dan tubuh Anda saat Anda berusaha mencapai tujuan menambah berat badan menjadi lebih ideal.

10 Tips Menambah Berat Badan Secara Sehat

10 Tips Menambah Berat Badan Secara Sehat

10 Tips Menambah Berat Badan Secara Sehat

  1. Tetapkan tujuan Berat Badan ideal yang ingin Anda capai. Hadapilah kenyataan, bentuk tubuh kita dan ukuran tubuh kita sangat ditentukan pertama oleh faktor genetika dan kedua oleh gaya hidup kita. Usaha untuk menambah berat badan yang sehat adalah proses yang tidak instan, membutuhkan kesabaran, konsistensi dalam memberikan tubuh asupan kalori sehat yang lebih banyak dari biasanya dan juga penetapan tujuan yang realistis untuk dicapai.
  2. Makan sarapan. Setiap hari. Sarapan seimbang adalah cara terbaik untuk membangun metabolisme tubuh dan nafsu makan. Pastikan Anda memiliki cukup kalori untuk memulai hari Anda. Jika di pagi hari Anda sering terburu-buru, sarapan sehat dengan susu dan buah sudah lebih dari cukup.
  3. Ikuti rekomendasi gizi dasar. Makanan cepat saji seperti pizza dan milkshake bukanlah pendekatan yang terbaik untuk menambah berat badan. Meskipun makanan ini dapat dimasukkan ke dalam rencana makan Anda, pastikan untuk menyeimbangkannya dengan buah-buahan, , biji-bijian, dan berbagai sumber protein, seperti daging, kacang-kacangan, dan susu.
  4. Rencanakan untuk makan 5-6 kali/hari. Lebih baik Anda mencegah kekenyangan, makanlah dengan porsi yang wajar namun Anda melakukannya lebih sering dalam sehari. Makan rutin pagi, siang dan malam dan konsumsi makanan ringan di antara waktu makan rutin tersebut. Pada akhir hari, “energi masuk” yang Anda konsumsi harus lebih besar dari “energi keluar” agar penambahan berat badan bisa terjadi.
  5. Variasikan menu makanan Anda, terutama protein. Mengkonsumsi makanan yang cenderung sama setiap hari pasti membosankan. Cobalah suatu menu yang baru. Mulailah dengan memilih menu yang terbuat dari berbagai sumber protein seperti keju, kacang-kacangan, daging sapi, ikan, yoghurt, ayam, domba, telur, dll.
  6. Selalu sediakan makanan ringan di tas, kantor atau rumah Anda untuk kalori ekstra. Snack batangan seperti bengbeng atau top, roti tawar dengan selai buah atau selai kacang, keripik yang terbuat dari sayuran atau keripik keju, buah kering, kacang-kacangan dan cookies adalah pilihan snack yang bisa dibawa kemanapun Anda beraktivitas. Makanan ringan ini dapat membantu Anda menjaga kebutuhan kalori tubuh Anda sepanjang hari. Sereal dengan susu, es krim, dan coklat panas bisa menjadi makanan ringan yang bagus untuk mengakhiri aktivitas harian Anda.
  7. Konsumsi minuman kalori. Anda pasti akan meminum sesuatu ketika beraktivitas sehari-hari sehingga memilih cairan yang mengandung kalori juga perlu Anda lakukan. Jus, susu, dan bahkan sesekali meminum minuman bersoda (non-diet, tentu saja) akan membantu pemenuhan kebutuhan kalori tubuh Anda.
  8. Pertimbangkan suplemen gizi berkalori tinggi. Banyak suplemen (makanan tambahan bagi tubuh) yang menyediakan kalori tinggi yang cepat dan mudah dikonsumsi, bahkan suplemen ini juga mengandung tambahan vitamin dan mineral. Pertimbangkan untuk menggunakan produk suplemen seperti ini sebagai “obat gizi” Anda pada hari-hari dimana Anda tidak merasa lapar, tapi Anda tahu bahwa tubuh Anda masih perlu tambahan makanan.
  9. Olahraga dan latihan kebugaran. Semua manusia harus berolahraga dan melakukan latihan kebugaran, terutama cardio untuk membakar kalori yang berlebih pada tubuh. Bagi Anda yang kurus, kegiatan ini dapat membantu untuk merangsang nafsu makan dan memastikan bahwa Anda membangun otot-otot tubuh dengan baik. 3-5 hari aktivitas fisik setiap minggu dapat menjamin hasil yang optimal. (Catatan: Malnutrisi berat pada kasus orang yang sangat kurus tidak disarankan untuk aktif berolahraga dan latihan kebugaran karena kondisi tubuh terlebih dahulu harus disembuhkan dan diperbaiki. Sebaiknya konsultasi dengan ahli gizi dan/atau ahli diet untuk membuat rencana latihan tubuh yang aman dalam situasi seperti ini.)
  10. Tidur yang teratur. Tubuh manusia membutuhkan waktu istirahat yang cukup, kebanyakan orang perlu ~ 8 jam tidur/malam. Namun, beberapa orang tubuhnya tetap dapat berfungsi dengan baik dengan hanya 6 jam tidur/malam sementara yang lain perlu 10 + jam tidur/malam untuk merasakan sepenuhnya beristirahat. Dalam hal tidur, yang terpenting dengarkan kebutuhan tubuh Anda dan dapatkan jam tidur yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.
BACA Juga  8 Cara Cepat dan Efektif Menambah Berat Badan

Demikian 10 Tips Menambah Berat Badan Secara Sehat ini kami terjemahkan dari publikasi yang diterbitkan oleh The University of Texas at Austin – University Health Services. Semoga menambah referensi bagi Anda, terutama para pelanggan SamyunWan.com. Kami selalu berusaha memberikan informasi yang bermutu agar keinginan Anda untuk menambah berat badan dapat segera terwujud…

Harap diingat, Samyun Wan hanya suplemen yang memudahkan Anda untuk mencapai berat badan yang lebih ideal. Kunci utama tetap berada pada konsistensi diri Anda sendiri, sudahkah Anda mengkonsumsi lebih banyak kalori dari biasanya? Sudahkan Anda merubah gaya hidup menjadi lebih baik? Semoga… :)

Kata kunci pencarian:

cara menambah berat badan anak usia 8 tahun, menambah berat badan anak 7 tahun, makanan penambah berat badan, https://samyunwan com/10-tips-menambah-berat-badan-secara-sehat/, susu penambah berat badan anak usia 10 tahun, buah penambah berat badan, 10 tips menaikkan berat badan ideal, cara menaikkan berat badan anak usia 7 tahun, cara menambah berat badan anak usia 7 tahun, susu penambah berat badan anak 7 tahun